Memuat...

Selasa, 23 Maret 2010

Sekilas tentang Cockpit Band

Siapa yang tak mengenal GENESIS sebagai salahsatu grup musik legenda dengan karya - karyanya yang monumental ? Orang kerap mengindentikannya dengan Art Rock dan yang lainnya menyebutnya Progressive Rock atau ada juga yang mengklasifikasikannya sebagai Classic Rock. Namun dibalik itu GENESIS adalah grup musik rock yang ditunjang oleh individual skill musik yang hebat dari Peter Gabriel, Mike Rutherford, Tony Banks lalu kemudian Phil Collins dan beberapa musisi yang pernah bergabung pada masa kejayaan GENESIS.

Di Indonesia, tanah air kita tercinta ini, sebuah band yang hampir identik dengan Genesis telah lama menjadi salah satu grup band yang di gandrungi anak muda, terutama fans berat dari Genesis. Mereka menyebut dirinya “COCKPIT BAND”.


Perjalanan COCKPIT BAND dimulai tahun 1980 di Jakarta, didirikan oleh Dadan Muchtar, Izal, Oding Nasution, Yaya Moektio & Joseph Martam. Pada malam tahun baru 1983 sempat tampil di Pantai Kuta, Bali dan menuai sukses. Vokalisnya yang paling menonjol datang dari Belanda. Dia menguasai karakter vokal Peter Gabriel dan Phil Collins dan mampu tampil secara teatrikal sesuai dengan style yang diusung oleh GENESIS jika tampil live. Dia adalah Freddy Tamaela yang kini sudah tiada. Gaya teatrikalnya konon lebih menarik dari yang biasa dilakukan Gabriel dan Collins di panggung.

Pada era 80-an inilah GENESISnya Indonesia ini mewabah di Indonesia dengan kemasan GENESIS NIGHT di Jakarta, Bandung, Malang, Surabaya dan kota-kota besar lainnya di Indonesia serta di hadiri rata-rata sebanyak 500 orang setiap pertunjukkannya.

COCKPIT BAND mempersembahkan musik yang tidak sekadar memainkan lagu-lagu GENESIS tapi juga menghayati dan memainkannya dengan segenap kreatifitas yang dimiliki oleh para personalnya sehingga kentara kekhasannya.

Kini setelah 20 tahun berlalu, kembali COCKPIT BAND berkiprah di dunia musik Indonesia dengan sebuah concert yang akan dilakukan di JAKARTA pada bulan Mei atau Juni 2010. Penampilan mereka kali ini lebih untuk memenuhi keinginan para penggemar Cockpit yang tentunya juga fans dari Genesis.

Tidak ada komentar: