Selasa, 23 Februari 2010

Freddie Tamaela - Tetangga (1985)


Download Freddie Tamaela album Tetangga (1985) :
  1. Ada
  2. And I Watch
  3. Bila
  4. Ivanna
  5. Kerani
  6. Lari dan Lari
  7. Renata
  8. Tahun 2000
  9. Temukan Jalanmu
  10. Tetangga
  11. Trigan (Missing Track)

Freddie Tamaela, penyanyi berdarah Maluku kelahiran negeri Belanda, adalah vokalis dari band Cockpit, sebuah band yang bisa dibilang sebagai Genesisnya Indonesia pada waktu itu. Tidak hanya dari segi musik, vokal penyanyinya juga dibuat semirip mungkin dengan Phil Collins vokalis Genesis. Karena itu Fredie Tamaela juga otomatis menjadi duplikat Phil Collins.

Setelah bersolo karier, cap sebagai duplikat Phill Collins itupun masih melekat pada diri Freddie. Beberapa lagu sengaja dimirip-miripkan dengan lagu dari Phil Collins dan Genesis. Lagu Bila aransemennya mirip dengan I Can Not Believe It's True (Album 'Hello I Must Be Going' Phil Collins 1982). Lagu 'Ada' aransemennya dibikin menyerupai lagu Mama-nya Genesis, juga pada lagu Lari dan Lari yang mirip dengan lagu 'Turn It Again'nya Genesis (Album Duke 1980).

Di tahun 80-an,sejak Cockpit memproklamirkan diri sebagai impersonator Genesis, vokalisnya Frederick Tamaela a.k.a Freddie mau tidak mau dibaptis pula sebagai saudara kembar Phil Collins.Penyanyi Maluku kelahiran Arnheim Belanda ini sesungguhnya bukanlah orang baru dalam dunia musik negeri ini.Di tahun 70-an, Freddie telah tergabung dalam The ATS Group, band asal Bogor. ATS adalah singkatan dari Lapangan Udara Atang Senjaya Bogor. Di band yang didukung Zulkarnain (gitar),Sugiman (bas).Saaf (drum) dan Gempul Bertajaya (saxophone,biola), Freddie tampil sebagai vokalis dan peniup harmonika.Freddie pun sempat tergabung dalam kelompok Abadi Soesman Jazz Band sejak tahun 1979.Di tahun 1980 Frddie bergabung dalam kelompok Batara Group yang didukung Oding Nasution (gitar), Debbie Nasution (keyboard),Yaya Moektio (drum) dan Harry Minggoes (bass).Pada tahun 1982, grup ini lalu berinkarnasi menjadi Cockpit.
Di album solo ketiga Freddie bertajuk "Tetangga" ini,Freddie didukung sahabat sahabatnya dari Cockpit seperti Roni Harahap (penata musik,keyboard),Raidy Noor (bass,gitar),Oding Nasution (gitar),Yaya Moektio (drum) serta Gilang Ramadhan (drums).
Di album ini tampaknya Freddie sengaja ditampilkan dalam bayangan Genesis dan Phil Collins.
Simak saja lagu "Bila" yang arransemennya dimirip-miripkan dengan "I Can Not Believe It's True" (dari album "Hello I Must Be Going" Phil Collins 1982).Juga disertai arransemen brass section yang dtata oleh Raidy Noor.
Lagu "Ada" yang di bikin seperti pola arransemen "Mama" nya Genesis,lengkap dengan drum machine Roland TR 808,yang sering dipergunakan Phil Collins dalam album solo maupun Genesis.
Bahkan lagu "Lari dan Lari" yang ditulis Donny Fattah,arransemennya dibikin nyerempet dengan lagu "Turn It Again" nya Genesis (album "Duke" 1980).
Di album ini Freddie pun mencoba membawa sebuah karya bernuansa epik seperti laiknya Genesis lewat lagu yang ditulis Roni Harahap "Trigan".Lagu ini bercerita tentang seseorang yang ingin meninggalkan kehidupannya yang bak pecundang untuk masuk ke dunia fantasia seperti yang dilukiskan komik Trigan."Raidy Noor kan sangat menggemari komik Trigan.Jadi idenya dari situ" kata Roni Harahap.

Sederet komposer seperti Musya Joenoes,Indra Lesmana,Rudy Gagola hingga Donny Fattah, ikut menyumbangkan karya mereka di album ini.

Tidak ada komentar: